>
Tugas
kelompok merupakan hal yang sering dilakukan dalam proses belajar-mengajar.
Pasalnya, secara teori banyak dampak positif dari aplikasi belajar kelompok.
Namun, dalam pengamatan penulis, sejauh ini hal yang seringkali membuat
seseorang jengkel adalah saat mengerjakan tugas kelompok dan pada akhirnya
hanya satu orang saja yang harus mengerjakannya. Itupun setelah melalui proses eyel-eyelan
yang panjang. Semua beralasan tidak pahamlah, sibuklah, banyak yang harus
dikerjakan, inilah, itulah dan seterusnya sehingga hasil yang didapatkan pun
tidak maksimal karena asal-asalan dalam mengerjakannya. Pada akhirnya peristiwa yang terus berulang
ini membawa penulis pada sebuah kesimpulan, bahwa tugas kelompok tidaklah lagi
relevan diterapkan dalam sebuah pembelajaran. Jika guru/dosen menginginkan
adanya tukar pendapat dan saling berdiskusi satu sama lain antar individu dalam
kelompok untuk memperluas wawasan, nyatanya berapa persen yang benar-benar
demikian?
0 komentar:
Posting Komentar